Flagh effect

Tuesday, March 13, 2012

5 Alasan Mengapa Facebook Sangat Diminati Investor



Detik-detik facebook masuk ke bursa saham Amerika atau yang dinamakan IPO (Initial Public Offering) akan segera terlaksana dalam waktu dekat ini di tahun2012, tentunya setelah melewati proses yang panjang dalam mengurusi dokumen-dokumen yang diperlukan. Facebook, diperkirakan bernilai $75 milyar hingga $100 milyar dolar Amerika, naik sekitar $10 milyar sejak bulan november tahun lalu. Woow sebuah angka yang menakjubkan untuk sebuah situs jejaring sosial. Mengapa facebook bisa bernilai begitu tinggi? Itu yang akan kita bahas dalam artikel ini:
1)        Network Effect
Seperti yang kita semua tahu, bahwa Facebook merupakan situs jejaring sosial terbesar, lebih dari 1 milyar orang menggunakan situs ini. Menggusur Facebook sebagai jaringan sosial terbesar adalah nyaris mustahil, karena jangkauan situs ini sudah sangat besar jauh melebihi MySpace, Friendster dan layanan lainnya. Facebook mempunyai nilai tambah yang sangat besar yang dinamis, terintegrasi dengan situs-situs lainnya dan tentunya didukung promosi yang luas sehingga dapat terus menarik pengguna baru. Ya pengaruh jaringan Facebook ini bersifat multiplikasi yang akan terus bertumbuh dalam jangka panjang.
2)        The News Feed’s EdgeRank Algorithm
Selama kurang lebih lima tahun, Facebook melakukan riset mengumpulkan data dan mengembangkan algoritmanya sendiri. Algoritma EdgeRank ini dapat mengetahui semua isi apapun yang disebarkan oleh teman-teman si user dan akan ditampilkan dalam kolom news feed setiap user. Kemudian dikembangkan menjadi “likes”, “comments” dan “shares” sehingga menghasilkan engine automatisasi yang luar biasa. Bahkan dengan sedikit informasi, Facebook dapat mengetahui apa yang menjadi kesukaan si user, inilah yang menjadi salah satu nilai tambah bagi Facebook, mungkin situs lain seperti Twitter, Google+ bisa mengembangkan hal yang sama, tapi mungkin membutuhkan waktu yang lama dan Facebook telah berada jauh di depan dalam hal ini.
3)        Talent
Facebook, dikelilingi oleh orang-orang muda yang berbakat dibidangnya. Sebut saja sang pendiri Facebook, Mark Zuckerberg seorang visioner yang mampu membuat terobosan fitur-fitur pada Facebook dan mampu mendorong Facebook untuk secara konstan mengembangkan sesuatu setelah delapan tahun didirikan. Sheryl Sandberg, seorang wanita berbakat menjabat sebagai Chief Operating Officer yang mampu memberikan terobosan efisiensi sehingga perusahaan menjadi sangat menguntungkan terutama dalam bidang periklanan yang membidik target perilaku sosial di Facebook. Kemudian, Chris Cox, Vice President Facebook yang mampu merancang pergerakan sosial di Facebook. Banyaknya orang-orang muda berbakat, menjadi aset yang dilihat oleh investor dalam perkembangan jangka panjang.
4)        The Apps and Games Platform
Salah satu hal yang menjadi kekuatan dari facebook adalah kemampuannya menyediakan platform game yang menarik sehingga pertumbuhannya menakjubkan. Sebut saja perusahaan game seperti Zynga telah menuai untung yang sangat besar dari game yang diciptakannya seperti Farmville, CityVille. Berbagai aplikasi yang ada di Facebook juga mendulang untung bagi para pengembang yang turut menyumbang keuntungan bagi Facebook. Dengan semakin banyaknya pengembang yang membuat aplikasi menarik dan semakin banyaknya jumlah pengguna Facebook yang antusias, maka menjadi mesin uang yang tak pernah berhenti.
5)        Ad Targeting
Berbicara mengenai iklan, google adalah search engine yang sangat canggih dalam memprediksi apa yang pengunjungnya cari, tapi dari segi ketepatan Facebook jauh lebih unggul karena Facebook mempunyai informasi penggunanya. Facebook mengetahui umur, jenis kelamin, kota, pekerjaan, teman, kesukaan dan lain sebagainya secara lebih detil. Dengan adanya informasi tersebut, mudah bagi para penyedia iklan memperoleh untung dengan membidik iklannya bagi segmen tertentu. Konsep ini sangat pintar dan dapat diberdayakan secara maksimal oleh Facebook, sehingga dapat menjadi penghasilan dalam jangka panjang.
Sources:
http://techcrunch.com/2012/01/30/facebook-worth/

No comments:

Post a Comment