Detik-detik facebook masuk ke bursa saham Amerika atau yang
dinamakan IPO (Initial Public Offering) akan segera terlaksana dalam waktu
dekat ini di tahun2012, tentunya setelah melewati proses yang panjang dalam
mengurusi dokumen-dokumen yang diperlukan. Facebook, diperkirakan bernilai $75
milyar hingga $100 milyar dolar Amerika, naik sekitar $10 milyar sejak bulan
november tahun lalu. Woow sebuah angka yang menakjubkan untuk sebuah situs
jejaring sosial. Mengapa facebook bisa bernilai begitu tinggi? Itu yang akan
kita bahas dalam artikel ini:
1)
Network Effect
Seperti yang kita
semua tahu, bahwa Facebook merupakan situs jejaring sosial terbesar, lebih dari
1 milyar orang menggunakan situs ini. Menggusur Facebook sebagai jaringan
sosial terbesar adalah nyaris mustahil, karena jangkauan situs ini sudah sangat
besar jauh melebihi MySpace, Friendster dan layanan lainnya. Facebook mempunyai
nilai tambah yang sangat besar yang dinamis, terintegrasi dengan situs-situs
lainnya dan tentunya didukung promosi yang luas sehingga dapat terus menarik
pengguna baru. Ya pengaruh jaringan Facebook ini bersifat multiplikasi yang
akan terus bertumbuh dalam jangka panjang.
2)
The News Feed’s EdgeRank Algorithm
Selama kurang lebih
lima tahun, Facebook melakukan riset mengumpulkan data dan mengembangkan
algoritmanya sendiri. Algoritma EdgeRank ini dapat mengetahui semua isi apapun
yang disebarkan oleh teman-teman si user dan akan ditampilkan dalam kolom news
feed setiap user. Kemudian dikembangkan menjadi “likes”, “comments” dan
“shares” sehingga menghasilkan engine automatisasi yang luar biasa. Bahkan
dengan sedikit informasi, Facebook dapat mengetahui apa yang menjadi kesukaan
si user, inilah yang menjadi salah satu nilai tambah bagi Facebook, mungkin
situs lain seperti Twitter, Google+ bisa mengembangkan hal yang sama, tapi
mungkin membutuhkan waktu yang lama dan Facebook telah berada jauh di depan
dalam hal ini.
3)
Talent
Facebook,
dikelilingi oleh orang-orang muda yang berbakat dibidangnya. Sebut saja sang
pendiri Facebook, Mark Zuckerberg seorang visioner yang mampu membuat terobosan
fitur-fitur pada Facebook dan mampu mendorong Facebook untuk secara konstan
mengembangkan sesuatu setelah delapan tahun didirikan. Sheryl Sandberg, seorang
wanita berbakat menjabat sebagai Chief Operating Officer yang mampu memberikan
terobosan efisiensi sehingga perusahaan menjadi sangat menguntungkan terutama
dalam bidang periklanan yang membidik target perilaku sosial di Facebook.
Kemudian, Chris Cox, Vice President Facebook yang mampu merancang pergerakan
sosial di Facebook. Banyaknya orang-orang muda berbakat, menjadi aset yang
dilihat oleh investor dalam perkembangan jangka panjang.
4)
The Apps and Games Platform
Salah satu hal yang
menjadi kekuatan dari facebook adalah kemampuannya menyediakan platform game
yang menarik sehingga pertumbuhannya menakjubkan. Sebut saja perusahaan game
seperti Zynga telah menuai untung yang sangat besar dari game yang
diciptakannya seperti Farmville, CityVille. Berbagai aplikasi yang ada di
Facebook juga mendulang untung bagi para pengembang yang turut menyumbang
keuntungan bagi Facebook. Dengan semakin banyaknya pengembang yang membuat
aplikasi menarik dan semakin banyaknya jumlah pengguna Facebook yang antusias,
maka menjadi mesin uang yang tak pernah berhenti.
5)
Ad Targeting
Berbicara mengenai
iklan, google adalah search engine yang sangat canggih dalam memprediksi apa
yang pengunjungnya cari, tapi dari segi ketepatan Facebook jauh lebih unggul
karena Facebook mempunyai informasi penggunanya. Facebook mengetahui umur,
jenis kelamin, kota, pekerjaan, teman, kesukaan dan lain sebagainya secara
lebih detil. Dengan adanya informasi tersebut, mudah bagi para penyedia iklan
memperoleh untung dengan membidik iklannya bagi segmen tertentu. Konsep ini
sangat pintar dan dapat diberdayakan secara maksimal oleh Facebook, sehingga
dapat menjadi penghasilan dalam jangka panjang.
Sources:
http://techcrunch.com/2012/01/30/facebook-worth/
No comments:
Post a Comment